Rabu, 06 Agustus 2014

Kisah Inspirasi Marketing

KISAH INSPIRATIF MARKETING
Belajar Marketing Pada Yang Telah Sukses Menjalaninya
Karya:  Erwin Dzulfikar, M.A.
Ukuran 14,5 x 21 cm
Tebal x + 150 Halaman
Harga: Rp 30.000,-

Studi mengenai marketing atau yang lebih di¬ke¬nal dengan pemasaran saat ini telah men¬jadi tema sen¬tral yang menggejala dalam dunia per¬bisnisan, bah¬kan ia menjadi “jiwa” perusahaan atau bisnis itu sendiri. Perbincangannya tidak hanya ber¬skala kecil namun juga dalam skala besar, meluas dan terus di¬kaji kemudian di¬kembangkan sedemi¬kian rupa di forum lokal, nasional maupun kaliber manca¬negara. Sudah banyak teori yang tercipta dan pastinya me¬nga-lami fase trial and error. Se¬jatinya berbicara ten¬tang marketing pasti tak lepas dengan sesosok personal yang tidak hanya memiliki strategi-tak¬tik jitu, daya sabar dan keuletan, namun juga ha¬rus mem¬¬punyai kemampuan berkomunikasi secara cantik dan menarik perhatian orang lain. Sosok perso¬nal itu kemudian kita sebut dengan istilah marketer yang me¬miliki personal of branding.

Sesungguhnya personal of branding berbicara tentang bagaimana Anda melakukan self-packaging, melakukan sesuatu hal yang memiliki nilai unique yang tentunya ti¬dak dimiliki oleh orang lain dan ke¬mu¬dian menjadi ti¬tik tegas pembeda antara Anda dan individu lainnya. Se¬cara personal, Anda juga akan merasakan keuntungan dari personal bran¬ding ini, Anda lebih mudah untuk di¬ingat pada saat di mana pun Anda menjual sebuah pro¬duk maupun jasa Anda di dunia nyata maupun di dunia maya.

Sebagai sampel misalnya Tung Desem Waringin saat melemparkan uang dari pesawat senilai lebih dari 100 juta. Nah setiap siapa pun yang tahu dan ingin mencerita¬kan sosok Waringin ke orang lain, se¬tiap mereka akan ber¬kisah “ingat gak ada orang yang dulu sempat mem¬buat hujan uang, dan diliput oleh berbagai media di 5 benua di dunia ini?”,  biasa¬nya orang akan ingat, karena begitu kuatnya bran¬ding yang dibuat saat itu, meng¬akibat¬kan terjadinya kehebohan yang bereforia luar biasa dan semua ¬orang menceritakan satu sama lainnya ten¬tang hal ini.

Lalu pertanyaan adalah bagaimana membuat bran¬ding untuk diri Anda? Tentu Anda tidak akan ber¬pikir melakukan hujan uang kedua bukan!, atau pun hal yang sifatnya plagiasi. Untuk membuat personal bran¬ding diri, bisa Anda lakukan dengan meng¬¬gunakan tag¬line yang mencerminkan siapa Anda sebenarnya. Begitu pula pentingnya meng¬gu¬na¬kan logo sehingga meng¬ingat¬kan kepada ¬orang siapa Anda. Dan jika branding Anda kuat bahkan mem¬buat Anda lebih mudah dalam menjual produk melalui media internet.

Nah, buku ini secara gamblang memuat kisah-ki¬sah inspiratif tentang para pemasar yang telah me¬raih ke¬suksesan dalam menjalankan roda ¬marketing yang di¬jalankannya. Sapaan coba dan tantangan yang mem¬bentur¬nya menjadi warna kental ter¬sendiri pada setiap lembaran kesehariannya yang mereka apresiasi sebagai peluang. Personal ini sangat tahu, apa yang mesti mereka persiapkan dan satu hal yang terpenting adalah bagai¬mana menjadikan tantangan dan tantangan berbagai per¬soalan itu berubah men¬jadi sesuatu yang sangat menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar